Tutorial Membuat Frame Photo Dengan Adobe Photoshop CS2

  • Whatsapp

Foto bisa tampil lebih menarik jika Anda menambahkan frame di sisi-sinya. Melalui bantuan Adobe Photoshop CS2, Anda bisa membuat frame sederhana untuk mempercantik tampilan foto. Setelah kami menambahkan Border foto utama, saya akan menunjukkan cara menambahkan Border kedua yang lebih kecil di sekitar gambar menggunakan efek layer.

  1. Membuka Foto
  2. Layer Mask dan Vector Mask
  3. Rounded Frame
  4. Setting Frame
  5. Seleksi Foto
  6. Stroke
  7. Menyimpan File

Membuka Foto

Membuka Foto di CS2
Cara Membuka Foto

Buka Photoshop CS2 melalui menu “Start”. Lalu, klik menu “File | Open” untuk membuka foto menarik yang akan diberi frame. Di “Layer pallete”, klik kanan “Background” dan pilih “Layer from background”. Beri nama “Layer 1” lalu klik “OK”.

Buat layer baru melalui menu “Layer | New | Layer”. Beri nama layertersebut dengan “Background”. Kemudian, letakkan layer “Background” di bawah “Layer 1”. Jika sudah, melalui “Paint Bucket Tool”, beri warna hitam untuk layer “Background”.

Layer Mask dan Vector Mask

setting Layer Mask dan Vector Mask
Layer Mask dan Vector Mask

Di bagian “Layer Pallete”, klik “Layer’lalu klik juga “Add layer Mask”. Dengan cara ini, akan ada kotak kosong berwarna putih di samping “Layer 1”. Kemudian, klik “Add Vector Mask” untuk menambah satu kotak vektor di samping layer mask.

Rounded Frame

setting Rounded Frame
opsi Rounded Frame

Untuk membuat Rounded Frame, Anda memerlukan area seleksi yang mendukungnya. Oleh karena itu, pilih “Rounded Rectangle Tool” pada “Tools Pallete”. Selanjutnya, atur beberapa option yang ada pada Rounded Rectangle Tool.

Setting Frame

Option yang perlu diperhatikan dalam Rounded Rectangle Tool adalah “Radius”. Jika foto beresolusi tinggi, berikan nilai yang cukup besar. CHIP memberikan nilai “60”. Jangan lupa, ubah model seleksi dari “Path” menjadi “Shape Layer”.

Seleksi Foto

Setelah langkah kelima tadi, kembalilah ke “Layer pallete”. Klik vektor mask pada “Layer 1”. Kemudian, seleksi area foto dengan cara mengklik bagian kiri atas foto dan tarik dengan mouse sampai bagian kanan bawah foto.

Stroke

Pada bagian bawah “Layer Pallete”, klik “Add layer Style” dan pilih “Stroke”. Tentukan ukuran stroke (size) sesuai keinginan Anda. Untuk foto beresolusi “3072×2048” pixel, Kami memberikan nilai “65”. Berikan warna putih untuk stroke tersebut.

Menyimpan File

Kini foto Anda sudah tampil lebih menarik. Simpan foto tersebut melalui “File | Save As” dan gunakanlah format gambar JPG atau TIF dengan kualitas maksimal. Sebaiknya, berikan nama baru untuk melihat perbedaan dengan foto aslinya.

frame foto adalah cara yang bagus untuk menambahkan rasa kelas dan keanggunan pada gambar. Dan menambahkan Border mudah setelah Anda mengetahui langkah-langkahnya. Kita akan mulai dengan menambahkan lebih banyak ruang di sekitar gambar menggunakan perintah Canvas size Photoshop. Kemudian, untuk membuat Border, kita akan mengisi ruang dengan warna menggunakan Layer solid Color FILL. Anda akan belajar bagaimana memilih warna untuk frame dari Color Picker, dan bagaimana untuk berbaur frame dengan foto Anda dengan memilih warna langsung dari gambar itu sendiri!

https://helpx.adobe.com/photoshop/how-to/add-border-frame-around-photo.html