0

Cara Mengatur BIOS Pada Komputer, Setting Bios Untuk Pemula

Share
Avatar of Rosari J

Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah Setting Bios PC Anda mendukung UEFI atau BIOS dan dapat mem-boot ke UEFI atau firmware BIOS tergantung pada pabrikan PC Anda pada sistem Windows 11 atau Windows 10 Anda.

Bahkan Jika perlu, Anda dapat melakukan update BIOS. Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mengembalikan pengaturan BIOS default atau bahkan merestore kembali BIOS tersebut ke versi awal . Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara menggunakan Setting Bios pada komputer Windows.

Bios

Bios singkatan dari Basic Input/Output System, Bios merupakan program yang berada di komponen komputer anda . Fungsi bios pada perangkat komputer adalah Anda dapat mengubah banyak pengaturan komputer dasar, seperti urutan boot, pengaturan hard drive, Kecepatan Kipas, waktu dan tanggal sistem, mengaktifkan virtualisasi perangkat keras, membuat kata sandi BIOS, dan banyak lagi, jika Anda berhasil melakukan boot ke BIOS pada perangkat Anda.

Cara Mengatur BIOS Pada Sistim Operasi Windows

Mari kita lihat bagaimana menggunakan beberapa pengaturan BIOS dasar pada komputer Windows. Bagian ini akan dibagi menjadi subjudul untuk membahas topik-topik berikut:

  • Apa saja pengaturan BIOS dan bagaimana cara mengubahnya?
  • Di BIOS, bagaimana Anda mengubah urutan atau prioritas boot?
  • Apa itu kata sandi BIOS dan bagaimana cara membuatnya?
  • Di BIOS, bagaimana cara mengubah tanggal dan waktu sistem?
  • Di BIOS, cara mengubah kecepatan kipas dan voltase sistem
  • Cara Keluar dan Simpan Pengaturan BIOS

Cara Masuk Bios Setting

Mengetahui cara masuk ke BIOS sangat penting bagi pengguna PC, Terlepas apakah mereka perlu memperbarui BIOS mereka atau membersihkannya dari kelemahan sistematis. Anda harus menekan kunci pada keyboard sesuai shortcut Setting Bios yang telah ditetapkan oleh pabrikan komputer Anda untuk dapat masuk ke BIOS setting pada PC Windows, yang biasanya tombol F10, F2, F12, F1, atau DEL.

Sayangnya, produsen PC yang berbeda berada di halaman yang berbeda ketika mendefinisikan kunci BIOS asli. F10 atau tombol escape biasa digunakan pada laptop HP.

Hotkey paling umum masuk ke bios setting adalah hotkey DEL dan F2, namun jika Anda tidak yakin apa hotkey merek Anda, daftar kunci BIOS berdasarkan merek ini mungkin bisa membantu.

  • F2 atau DEL untuk Acer
  • F2 untuk semua PC, F2 atau DEL untuk motherboard, menurut ASUS.
  • F2 atau F12 untuk Dell
  • HP: F10 atau ESC
  • F2 atau Fn + F2 di Lenovo
  • F1 Lenovo (Desktop)
  • Masukkan + F1 pada Lenovo ThinkPad.
  • MSI: DEL untuk PC dan motherboard
  • Tekan dan tahan tombol volume atas pada tablet Microsoft Surface.
  • Asal F2 di komputer
  • Samsung F2
  • F1, F2, atau F3 dari Sony
  • F2 Toshiba

Cara menavigasi BIOS/ Masuk Menu BIOS

Karena BIOS terhubung langsung ke motherboard, Maka setiap tampilan BIOS komputer akan terlihat sedikit berbeda tergantung dari jenis pabrikannya. Karena menu BIOS tidak mendukung input mouse, Anda harus menavigasi Setting Bios menggunakan tombol panah dan tombol khusus komputer lainnya. Daftar kontrol hotkey biasanya ditemukan di sudut kanan bawah atau di bagian bawah beranda BIOS.

gambar bios

Apa saja pengaturan BIOS dan bagaimana cara mengubahnya?

Saat mengubah pengaturan di BIOS, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan virtualisasi perangkat keras, pastikan Anda memahami apa yang akan Anda ubah dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi sistem Anda secara keseluruhan.

Mengubah pengaturan standar secara tidak benar dapat mengakibatkan kegagalan sistem atau perangkat keras. Sebaiknya jangan mengubah apa pun pada setingan BIOS jika Anda tidak yakin apa yang ingin Anda ubah.

Modul GetBIOS PowerShell dapat digunakan untuk membuat daftar pengaturan default BIOS komputer anda, dan modul SetBIOS PowerShell dapat digunakan untuk mengubah pengaturan BIOS dari komputer lokal atau secara remote.

Di BIOS, bagaimana Anda mengubah urutan atau prioritas boot?

Anda dapat mengubah konfigurasi opsi sesuai yang Anda inginkan pada tab Boot di BIOS jika Anda ingin mengubah perangkat mana yang akan digunakan Setting Bios untuk melakukan first boot

Pengaturan Ini berguna apabila anda hendak menginstal atau memperbaiki sistem operasi dari disk atau flash drive. Untuk memulai proses ini, Anda biasanya akan menggunakan tombol panah untuk menavigasi ke tab Boot atau Startup.

bios seting
Apa itu kata sandi BIOS dan bagaimana cara membuatnya?

Anda dapat membuat password BIOS di bagian tab Keamanan di BIOS, Jika anda mengaktifkan Bios password. Maka komputer tidak akan melakukan boot sebelum anda memasukan password yang telah anda tentukan sebelumnya. Fitur Ini dimaksudkan untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke komputer Anda, Sehingga akan membuatnya lebih aman.

Berikut ini adalah tiga jenis kata sandi yang dapat diatur di BIOS komputer Windows:

  1. Default Password, baik sistem atau pengguna, mencegah pengguna yang tidak berwenang mengakses komputer.
  2. Setup atau kata sandi Admin – Mencegah pengguna yang tidak sah mendapatkan akses ke BIOS atau mengubah pengaturannya.
  3. Pengguna yang tidak sah tidak akan dapat mengakses HDD dan boot ke sistem operasi jika kata sandi tidak dimasukkan.

Jika perangkat Windows dicuri, kata sandi BIOS laptop lebih aman daripada kata sandi desktop tradisional. Kata sandi BIOS tidak dapat dipulihkan. Mengatur ulang CMOS atau NVRAM membantu mengatur ulang BIOS ke pengaturan default pabrik dan mengatur ulang kata sandi BIOS atau UEFI yang terlupakan jika Anda lupa salah satu kata sandi yang diatur di BIOS.

Di BIOS, bagaimana cara mengubah tanggal dan waktu sistem?

Jam Windows Anda akan diatur oleh jam BIOS. Jam BIOS Anda kemungkinan besar akan diatur ulang jika Anda mengganti baterai di komputer Anda. Baterai CMOS rusak dan perlu diganti jika tanggal dan waktu terus diatur ulang ke tanggal lama atau waktu yang salah.

Di BIOS, cara mengubah kecepatan kipas dan voltase sistem

Opsi ini hanya tersedia untuk pengguna tingkat lanjut. Anda dapat meng-overclock CPU Anda di menu ini pada tab Power, berpotensi memungkinkan kinerja yang lebih tinggi; namun, apakah PC Overclocking benar-benar layak? Di Setting Bios untuk sistem Anda, Anda juga dapat mengontrol Kecepatan Kipas untuk CPU, serta opsi daya lainnya. Hanya jika Anda terbiasa dengan perangkat keras komputer Anda, Anda dapat mengonfigurasi opsi daya ini.

Cara Keluar dan Simpan Pengaturan BIOS

Agar perubahan Setting Bios Anda berlaku dengan segera, Anda harus menyimpan dan keluar menggunakan tombol Simpan dan Keluar BIOS setelah Anda selesai mengubah Setting Bios sesuai dengan kebutuhan Anda.

Komputer Anda akan restart dengan pengaturan baru setelah Anda menyimpan dan restart. Anda dapat memeriksa legenda kunci BIOS untuk melihat kunci mana yang merupakan kunci Simpan dan Keluar, atau buka tab Keluar jika BIOS Anda memilikinya, pilih opsi Simpan Perubahan dan Keluar, lalu tekan Enter dua kali.

Ikuti langkah-langkah ini untuk masuk ke BIOS dari Windows 11/10:

Buka menu Setting Bios atau pilih Pemberitahuan Baru dari menu tarik-turun.

  1. Pilih Perbarui & Keamanan dari menu tarik-turun.
  2. Pilih Pemulihan dari menu tarik-turun.
  3. Sekarang klik Mulai Ulang. Menu Opsi sekarang akan muncul di layar.
  4. Pilih tab Lanjutan.
  5. Pilih Pengaturan Firmware UEFI dari menu tarik-turun.
  6. Pilih Mulai Ulang. Antarmuka utilitas pengaturan BIOS ditampilkan di sini.

Jika tombol F2 tidak berfungsi, bagaimana saya bisa masuk ke BIOS?

Jika tombol F2 pada PC Windows 11/10 Anda tidak berfungsi saat Anda mencoba masuk ke Setting Bios, coba yang berikut ini:

  1. Pilih Lanjutan > Booting > Konfigurasi Boot dari menu tarik-turun.
  2. Enable POST Function Hotkeys diaktifkan di panel Boot Display Config.
  3. Untuk masuk ke Setup, aktifkan Display F2.
  4. Untuk menyimpan dan keluar dari BIOS, tekan F10.