0

Cara Menonaktifkan Pembaruan Java Di PC Windows

Share

Ini memberi tahu Anda setiap kali Pembaruan Java tersedia. Bagi banyak pengguna, pemberitahuan muncul setiap kali mereka membuka komputer mereka, yang tidak nyaman. Itu sebabnya, jika Anda mau, kami akan melihat cara mematikan pemberitahuan Pembaruan Java di komputer Windows.

Apa sebenarnya Java itu?

Java adalah bahasa pemrograman yang berbasis Object-Oriented Programming (OOPs). Yang ada di komputer Anda, di sisi lain, tidak akan mengubah Anda menjadi seorang programmer; alih-alih, itu ada untuk memungkinkan berbagai perangkat lunak lain berjalan di komputer Anda. Jika Anda tidak menginstal Java, banyak situs web, game, dan perangkat lunak tidak akan berfungsi di komputer Anda. Penting untuk dicatat bahwa itu tidak sama dengan JavaScript.

Bagaimana cara menghilangkan pemberitahuan Pembaruan Java di Windows 10 atau 11?

Menghentikan pemberitahuan adalah satu-satunya cara untuk menghentikan Pembaruan Java agar tidak muncul. Ini akan menutup jendela popup. Namun, Anda harus menyadari bahwa, jika dibiarkan tanpa pengawasan untuk waktu yang lama, Java dapat menjadi usang, sehingga beberapa aplikasi, situs web, dan game tidak dapat bekerja di komputer Anda. Jika Anda menonaktifkan pemberitahuan pembaruan, Anda harus secara manual memeriksa dan menginstal pembaruan Java apa pun yang tersedia di komputer mereka.

Untuk menghilangkan pemberitahuan pembaruan, banyak orang akan menyarankan Anda untuk menghapus Java sepenuhnya dari komputer Anda. Tapi itu berlebihan; ada metode untuk mematikan notifikasi dan menyelesaikannya. Jika Anda menghapus Java dari komputer Anda, banyak aplikasi, situs web, dan game akan berhenti bekerja karena mereka membutuhkan Java untuk berfungsi.

Pada PC Windows, matikan notifikasi Java Update.

Di komputer Windows, Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan Pembaruan Java menggunakan salah satu dari dua metode.

  1. Hentikan Java Pop-up dari Control Panel dengan menggunakan Registry Editor untuk menonaktifkan
  2. mematikan Notifikasi Java Update Lewat Control Panel.

Mari kita lihat mereka lebih dekat.
1] Gunakan Peninjau Suntingan Registri untuk menonaktifkan pemberitahuan Pembaruan Java.

Sebelum menggunakan Peninjau Suntingan Registri untuk menonaktifkan pemberitahuan pembaruan Java, Anda harus menentukan apakah sistem operasi komputer Anda 32-bit atau 64-bit.

Untuk melakukannya, cari “Informasi Sistem.” Kemudian lihat di bawah Jenis Sistem untuk melihat arsitektur apa yang dibangun sistem Anda.

Sekarang tekan Win + R untuk membuka Run, ketik “Regedit,” dan klik Ok. Ini akan meluncurkan Registry Editor di komputer Anda.

Buka lokasi berikut jika Anda menggunakan sistem 32-bit.

MESIN LOKAL HKEY\SOFTWARE\

Kebijakan Pembaruan JavaSoft untuk Java

Buka lokasi berikut jika Anda menggunakan sistem 64-bit.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\JavaSoft\Java Update\Policy

Klik dua kali EnableJavaUpdate dan ubah Value data menjadi O sebelum mengklik Ok.

Pembaruan Java tidak akan lagi diberitahukan kepada Anda.
2] Dari Panel Kontrol, nonaktifkan pop-up Java.
Jika Anda tidak ingin menggunakan Registry Editor, Anda dapat melakukan hal yang sama dari Control Panel. Metode ini direkomendasikan untuk orang non-teknis. Untuk melakukannya, ikuti petunjuknya.

Control Panel dapat ditemukan dengan mencarinya di Start Menu.
Beralih ke Ikon Besar di Tampilan Anda.
Pilih Java.
Hapus centang Periksa Pembaruan Secara Otomatis pada tab Pembaruan.
Anda sekarang dapat memilih antara memeriksa mingguan atau tidak memeriksa sama sekali. Disarankan agar Anda memilih Do Not Check.
Terapkan dan kemudian OK.

Begitulah cara mudah mematikan notifikasi Java Update di komputer Anda.
Bagaimana cara mematikan pembaruan Java untuk selamanya?

Kedua metode yang kami sebutkan sebelumnya akan mematikan pembaruan Java hingga Anda mengaktifkannya kembali secara manual. Akibatnya, secara teknis permanen. Sayangnya, atau mungkin untungnya, tidak ada cara untuk menonaktifkannya secara permanen.