0

Apa itu Sistem Operasi Komputer?

Share

Sudah lewat waktu bagi Anda untuk meng-upgrade komputer Anda! Satu pertanyaan muncul di benak Anda saat Anda menatap deretan laptop yang tak ada habisnya. Komputer jenis apa yang sedang kamu cari? Kali ini, haruskah Anda menggunakan Mac atau Windows? Itu sepenuhnya tergantung pada persyaratan sistem operasi Anda. Mereka melayani berbagai fungsi.

Apa sebenarnya sistem operasi komputer, dan bagaimana Anda memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda? Kami memiliki semua informasi yang Anda butuhkan di sini. Pelajari lebih lanjut tentang opsi Anda dan apa yang dapat mereka lakukan dengan membaca panduan sistem operasi ini.

Apa perbedaan antara sistem operasi komputer dan sistem operasi komputer?

Pertama dan terpenting, mari kita bicara tentang dasar-dasarnya. Mari kita mulai dengan definisi sistem operasi. Ini adalah jenis perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya di semua komputer. Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat keras perangkat Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak.

Komputer Anda tidak akan berguna jika tidak memiliki sistem operasi. Tak satu pun dari program di komputer Anda akan dapat bekerja sama.

Apa Fungsi Sistem Operasi?

Sistem operasi melakukan lebih dari sekadar membuat komputer Anda berjalan seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Beberapa program mulai berjalan segera setelah komputer Anda boot.

Beberapa menjadi sorotan, sementara yang lain bekerja di latar belakang untuk menyelesaikan tugas mereka. Semuanya, dalam beberapa hal, memerlukan akses ke unit pemrosesan pusat komputer Anda.

Sistem operasi (OS) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua program ini memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk dijalankan. Anda dapat membuka banyak tab di browser Anda tanpa crash.

Di manakah lokasi barang-barang tersebut?

Sistem operasi komputer Anda, percaya atau tidak, memerlukan penyimpanan yang sama seperti program lain di komputer Anda. Biasanya berada di hard drive utama komputer.

Hard drive eksternal atau flash drive juga dapat digunakan untuk menginstal dan memuatnya. Floppy disk adalah standar di komputer lama. Ada keuntungan dan kerugian menggunakan sumber eksternal untuk menyimpan sistem operasi komputer Anda.

Bagaimana jika Anda kehilangannya? Itu adalah kelemahan utama. Anda tidak lagi memiliki akses ke bagian komputer Anda yang membuatnya berfungsi. Flash drive juga bisa sangat mudah rusak.

Instance OS

Anda dapat memilih dari empat sistem operasi yang berbeda saat membeli laptop. Mac, Windows, Chrome, dan Linux adalah beberapa opsi yang tersedia.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri untuk dipertimbangkan. Mereka juga melayani tujuan yang berbeda, jadi jangan terburu-buru mengambil keputusan.

Mac

Mac adalah yang pertama dalam daftar kami. Ini adalah pilihan populer di kalangan pebisnis di seluruh dunia. Mac adalah sistem operasi yang dijalankan oleh komputer Apple, seperti yang mungkin Anda ketahui.

Meskipun menjadi sistem operasi terpopuler kedua, Mac tidak banyak digunakan. Akibatnya, mereka bukan prioritas bagi peretas.

Ini tidak menutup kemungkinan tertular virus. Anda masih perlu menginstal semacam perlindungan malware, tetapi Anda tidak perlu khawatir.

Perangkat kerasnya top-of-the-line, jadi Anda tidak akan lama tanpanya. Mac tidak datang dengan banyak program pra-instal yang menghambat sistem.

Perangkat keras canggih akan dikenakan biaya. Mac sering kali merupakan komputer paling mahal yang tersedia. Mereka dapat digunakan untuk bermain game, tetapi itu bukan fungsi utamanya.

Mereka memiliki grafik yang mumpuni, tetapi tidak cukup untuk menjalankan game AAA. Anda tidak akan dapat memutakhirkan komputer Anda kapan pun di masa mendatang.

Artinya, jika komputer Anda gagal, Anda kurang beruntung. Anda harus keluar dan membeli pengganti. Mac juga tidak memiliki dukungan USB terbaik, jadi Anda hanya dapat terhubung ke minimum.

Windows

Yang serba bisa adalah Windows. Dalam hal pengembangan game, pengembang menempatkan premium pada OS ini. Akibatnya, Anda akan dapat memilih dari perpustakaan yang cukup besar.

Anda dapat membeli suku cadang pengganti untuk komputer Anda jika komputer mulai melambat. Karena Windows sangat banyak digunakan, Anda akan memiliki banyak pilihan saat memilih komputer.

Itu berarti Anda akan dapat memilih dari berbagai perangkat keras dan prosesor. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang opsi prosesor Anda, teruslah membaca.

Kami akan mengakui bahwa memiliki begitu banyak pilihan terdengar fantastis sampai Anda berada di toko. Anda akan berada di sana selama berjam-jam menimbang pilihan Anda jika Anda belum memiliki rencana permainan saat Anda berjalan di pintu.

Peretas tertarik pada Windows karena penggunaannya yang luas. Saat menjelajah internet, Anda harus lebih berhati-hati. Jangan pernah mempertimbangkan untuk menggunakan browser Anda sampai perangkat lunak antivirus telah diinstal.

Chrome

Chrome OS adalah sistem operasi khusus Google Chromebook. Banyak orang tua memilihnya sebagai komputer pertama anak mereka karena memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk pekerjaan ringan dan browsing internet.

Chromebook tidak dapat memainkan game. Karena sistem operasi yang ringan di komputer, Anda dapat mengharapkan masa pakai baterai yang lama.

Karena Chromebook menganggap Anda akan menyimpan semuanya ke awan, mereka tidak datang dengan banyak penyimpanan. Anda akan berpikir bahwa membuat data Anda lebih rentan terhadap peretas akan membuatnya lebih aman, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya.

Penjahat dunia maya tidak banyak yang harus dikejar karena Anda tidak akan menginstal banyak perangkat lunak. Penipuan phishing masih bisa menimpa Anda, terlepas dari sistem operasi Anda.

Linux

Linux lebih banyak digunakan daripada sistem operasi lain dalam daftar ini. Komputer, mobil, telepon, dan televisi Anda semuanya berisi itu.

Ini adalah sistem operasi gratis. Ini berarti bahwa siapa pun dapat mengaksesnya dan memodifikasinya untuk memenuhi persyaratan khusus mereka. Ini gratis, tetapi bisa sedikit membingungkan jika Anda tidak paham teknologi. Anda juga akan membutuhkan komputer yang mampu memberi Anda banyak kebebasan.

Namun, tidak ada pilihan yang lebih baik jika Anda menginginkan sistem operasi yang aman. Ada orang yang mengerjakannya di seluruh dunia, jadi malware dan ancaman lainnya selalu dipantau.

OS seluler

Komputer Anda bukan satu-satunya perangkat yang berjalan pada sistem operasi komputer. Agar ponsel Anda berfungsi, ia juga harus memilikinya. Bagaimanapun, ini adalah jenis komputer mini.

Apple

Untuk perangkat seluler, ada dua sistem operasi utama. Apple datang lebih dulu. Setiap iPhone dan iPad berjalan pada sistem operasi ini.

Antarmuka pengguna sangat mudah. Ini adalah sistem operasi yang tangguh yang dapat menangani banyak tugas secara bersamaan. Dalam hal masa pakai baterai, ponsel Apple sangat efisien dan tidak terlalu panas.

Ikon pada iPhone cenderung terlihat sama tidak peduli berapa banyak peningkatan yang diterimanya. Karena ponsel tidak mendukungnya, Anda tidak akan dapat mengunduh apa pun untuk meningkatkan tampilannya atau fitur lainnya.

Android

Anda tidak akan terbatas pada aplikasi yang tersedia di Google Play Store jika Anda menggunakan sistem operasi Android. Anda dapat memperoleh akses ke program pihak ketiga hanya dengan mengubah beberapa pengaturan Anda. Sebelum Anda mengunduhnya, pastikan mereka aman.

Virus juga bisa menginfeksi ponsel. Ponsel Android hadir dengan beragam perangkat keras.

Anda tidak dibatasi untuk satu jenis prosesor. Penyimpanan yang dapat diperluas juga tersedia di sebagian besar ponsel Android. Anda tidak akan pernah kehabisan ruang penyimpanan lagi.

Ada banyak pilihan telepon yang berbeda, yang bisa baik atau buruk tergantung pada perspektif Anda. Sangat mudah untuk mendapatkan ponsel atau tablet yang bagus, tetapi juga mudah untuk mendapatkan yang tidak tepat untuk Anda.

Tanpa akun Google, Anda tidak akan dapat mengatur dan menggunakan ponsel Android Anda, dan pembaruan Android tidak dapat dilakukan.

Pilih Sistem Operasi yang Paling Sesuai dengan Situasi Anda

Apa perbedaan antara sistem operasi komputer dan sistem operasi komputer? Itulah yang memungkinkan perangkat Anda berfungsi. Perangkat keras dan perangkat lunak Anda tidak akan dapat berkomunikasi satu sama lain jika Anda tidak memilikinya.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak sistem operasi yang dapat dipilih. Kami harap Anda dapat menggunakan panduan ini untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat sehingga Anda dapat memilih yang terbaik untuk Anda. Silakan menelusuri sisa blog kami untuk informasi lebih lanjut tentang memilih komputer yang tepat.