ADOBE AFTER EFFECTS: Efek Tulisan dengan Generate Stroke

Dalam tutorial kali ini Anda akan diajak untuk merancang sebuah tulisan yang nantinya akan diberi sentuhan efek generate stroke. Bagaimana proses pembuatannya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Tutorial akan diawali dengan membuat sebuah komposisi baru yang dapat Anda lakukan dengan menekan tombol [CTRL] + [N] secara bersama-sama. Langkah selanjutnya adalah membuat komposisi untuk membuat efek tulisan. Ketik atau tuliskan kata yang Anda inginkan. Dalam tutorial kali ini kata atau tulisan yang digunakan adalah “CHIP”. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis dan ukuran font yang akan digunakan, lalu letakkan font tersebut tepat di tengah layar. Tahap selanjutnya adalah merancang sebuah path dengan menggunakan pen tool. Path ini nantinya akan diberi sentuhan efek generate stroke. Anda perlu mengatur posisi path sesuai dengan selera atau mengikuti seperti yang terdapat dalam video tutorial kali ini.

Mengatur komposisi teks

Langkah berikutnya adalah memasukkan komposisi teks yang telah Anda buat ke dalam komposisi baru yang berisi backdrop, pengaturan cahaya, dan kamera. Buat komposisi baru lagi dengan menekan tombol [CTRL] + [N] pada keyboard dan masukkan sejumlah gambar pendukung yang telah disediakan oleh CHIP.. Sebelumnya, Anda perlu mengaktifkan icon kubus yang terdapat di dalam dock komposisi.

Untuk mengatur letak gambar yang digunakan sebagai latar belakang, Anda dapat memainkan tools Position sesuai selera yang diinginkan. Langkah selanjutnya, masukkan gambar pendukung yang ingin digunakan oleh Anda sebagai lantai. Untuk mengatur posisi lantai. Anda dapat mempergunakan Rotation Tool pada menu bagian atas atau dengan menekan tombol [W]. Dalam proses rotasi, drag gambar lantai tersebut mengikuti arah sumbu X sehingga terbentuk satu garis lurus. Kemudian, pilih menu Selection Tool atau tekan tombol [V], lalu drag kembali hingga terlihat seperti objek lantai.

Penambahan Efek blur

Proses selanjutnya adalah menduplikasi komposisi teks untuk diberikan efek blur. Caranya, pilih komposisi teks yang ada di dalam dock, kemudian tekan tombol [CTRL] + [D]. Setelah itu, pilih hasil duplikasi dan tekan tombol kanan mouse dan pilih “Effect | Blur & Sharpen | Gaussian Blur”. Beri nilai sebesar 20 pada bagian Blurriness yang terdapat di dalam dock Effect Control. Agar terlihat lebih menarik, tambahkan cahaya dengan melalui klik kanan mouse pada dock dan pilih “New | Light”. Begitu juga untuk efek kamera. Lakukan proses yang sama dan pilih Camera. Di bagian ini, Anda dapat membuat berbagai variasi untuk posisi kamera. Anda juga dapat mengatur posisi zoom in dan zoom out sesuai selera Anda agar terlihat lebih optimal. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Komentar