Cara Mudah Mengolah/convert Video YouTube dan Web Video

Klip-klip lucu atau video klasik bisa Anda dapatkan secara gratis dalam website penyedia video. Berikut ini ARA KOMPUTER memilih tools terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memutar dan mendownload video tersebut.

Bagi pengguna PC, klip-klip singkat dari web lebih menarik daripada acara TV. Bahkan bagi sebagian orang, video terbaru dari YouTube lebih seru diperbincangkan daripada sinetron TV. Setelah men-download video, mereka bisa saling berbagi melalui e-mail agar teman sekerja Anda bisa turut menikmati hasil download Anda.

Mengolah/convert Video YouTube

Sampai saat ini, YouTube masih menjadi andalan untuk mendapatkan film-film secara gratis. Namun, tidak semua film dapat Anda download dan simpan pada PC. Anda harus menyaksikannya melalui cara streaming. Dibutuhkan beberapa tool untuk memecahkan masalah tersebut.

Agar Anda tidak frustrasi, ARA KOMPUTER telah mengemas tools untuk video pada ARA KOMPUTER-CD/DVD. Dengan tools tersebut, Anda dapat men-download klip terbaik ke PC membuat film interaktif, atau menonton video pada ponsel.

Menemukan film terbaik

YouTube adalah website video paling populer karena menyediakan paling banya klip. Namun, apakah YouTube merup; kan website terbaik di antara website sejenis? Ada banyak layanan lain yang men; warkan video dan klip. Anda dapat meni mukannya di www.purevideo.com. Web site ini merupakan sebuah metasearch untuk gambar bergerak. Cukup masukkan keyword, layanan akan menampilkan semua hasilnya.Hasil pencarian yang lebih tepat bisa Anda dapatkan melalui penentuan channel. Di sini video disortir berdasarkan kategori, seperti musik, game, dan humor.

Pemain lama dalam hal penyedia video, Yahoo!, juga menawarkan sebuah fungsi pencarian video yang cukup bagus. Anda cukup mengunjungi website-nya, masukkan keyword, dan hasilnya bisa Anda dapatkan dengan cepat. Di Yahoo!, hasilnya memang tidak disortir serapi layanan PureVideo. Namun, di Yahoo! Anda masih bisa menemukan beberapa video langka.

Download video favorit

Internet memang menyediakan banyak video menarik. Namun, tidak semua pengguna Internet di Indonesia memiliki kecepatan Internet yang memadai untuk menyaksikan video secara streaming. Solusinya, download video tersebut ke PC. Ada beberapa cara untuk men-download video tersebut:

Aplikasi web: Ada cara singkat men-download video dari website penyedia video, yaitu melalui www.keepvid.com. Masukkan URL video ke dalam kolom kosong di keepvid dan klik “Download” Dengan cepat, Keepvid akan menampilkan “download link”. Klik saja “download link” tersebut dan browser sudah siap melakukan proses download. Keepvid mendukung 40 website video. Di Google Video, Anda bahkan bisa mendapat layanan ekstra. Anda tidak hanya dapat menyimpan file seperti biasa dalam format FLV, tetapi dapat langsung mengonversinya ke AVI atau MP4.

Plug-in untuk browser: Sebagian pengguna Internet menganggap bahwa men-download video melalui browser tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk pengguna Internet Explorer Anda bisa menambahkan plug-in Video Detect dari www.leechvideo.com. Setelah menginstalasikan, add-on ini, Anda dapat memilih video dari website video lalu mengklik toolbar “Video Detect”. Agar plug-in dapat bekerja maksimal, terlebih dahulu izinkan browser IE supaya bisa menerima popup. Dari popup Video Detect, Anda bisa mendapatkan link download dari video yang Anda inginkan. Klik kanan lalu pilih “Save target As”. Saat menyimpan video dalam PC, tambahkan FLV di akhir nama video.

Untuk pengguna Firefox, Anda bisa menggunakan Download Helper (www. downloadhelper.net). Add-on ini akan terintegrasi dalam toolbar. Apabila Anda berkunjung ke website penyedia video dan memilih salah satu video, icon Download Helper akan berputar. Klik panah kecil di sampingnya dan Anda dapat menyimpan video pada PC.

CD/DVD Full Version: Sebuah aplikasi lengkap untuk men-download file besar bisa ditemukan pada MyTubeRecorder. Aplikasi ini dapat men-download sekaligus mengonversi video dari YouTube, Google, Clipfish, dan MyVideo ke PC. Fungsi split-nya dapat membagi file besar ke dalam paket-paket kecil agar dapat dikirim melalui e-mail. ARA KOMPUTER mengemas versi penuh MyTubeRecorder pada ARA KOMPUTER-CD/DVD.

Jangkar penyelamat: Apabila dengan berbagai plug-in dan MyTube Recorder Anda masih tetap gagal men-download video, ARA KOMPUTER memberikan solusi lainnya. Coba Anda gunakan aplikasi-aplikasi yang ARA KOMPUTER kemas dalam ARA KOMPUTER-CD/DVD. Paket solusi tersebut di antaranya berisi CamStudio (www.camstudio.org) yang bisa Anda gunakan untuk merekam video saat diputar. Tentukan ukuran video melalui “Region | Fixed Region”. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan “Record” untuk memulai perekaman. Klik “Stop” untuk menyimpan video. Fungsi “Record to Flash/AVI” bisa membuat video dalam format SWF atau AVI.

Memutar flash pada PC

Format FLV (Flash) banyak digunakan untuk format video di web. Sayangnya, beberapa aplikasi pemutar video standar tidak mendukungnya. Anda bisa menggunakan FLV Media Player. Instalasikan tool ini dan nikmati klip pada PC. Selain FLV media Player, Anda juga bisa memutar format FLV pada VLC Media Player yang bisa didownload dari www.videolan.org. Tool ini sebenarnya banyak dimiliki oleh pengguna PC. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa tool ini bisa memutar format FLV.

Tampilkan klip di web

Apabila Anda memiliki beberapa video rekaman unik atau lucu, sebaiknya publikasikan video tersebut di Internet agar teman-teman Anda lainnya bisa melihatnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini.

Melalui weblog: Multiply (multiply.com) adalah salah satu blog yang menyediakan fasilitas untuk berbagai format file. Anda bisa meng-upload video di blog ini. Daftarkan diri Anda untuk memperoleh URL khusus untuk Anda. Setelah Anda login, Anda bisa meng-upload video-video menarik. Anda bisa menyusun tampilan Multiply agar daftar video bisa tampil di halaman depan.

Sebagai saluran TV: Apabila video Anda ingin tampil lebih elegan, Anda dapat membuat website video sendiri, tanpa iklan dan moderator. Kunjungi http:// www.feedbeat.net dan buat sebuah saluran TV. Anda dapat menampilkan video favorit Anda di website tersebut melalui URL khusus yang diberikan website kepada Anda.

Membuat video interaktif

Internet memang lebih menarik dan interaktif dibandingkan TV. Di Internet, Anda bisa menemukan website penyedia video yang interaktif. Layanan dari astef-pix.com contohnya. Website ini menawarkan interaksi praktis untuk video, misalnya sebuah tombol “play” dalam klip. Anda bisa mengintegrasikan tombol dan klip tersebut ke dalam website Anda.

Cara mengintegrasikan tombol: Buat sebuah account gratis dan upload video Anda ke YouTube. Buat juga account di asterpix.com. Login ke asterpix lalu masukkan video Anda melalui fungsi “Add Video”. Putar video Anda tersebut dalam asterpix.com lalu pada bagian yang diinginkan, klik “Add Note”. Di tengah video akan tampak sebuah jendela input dan bingkai. Atur dengan mouse sesuai ukuran objek yang akan difungsikan sebagai tombol. Isi kolom dan simpan.

Satu hal yang menarik di asterpix adalah tersedianya fungsi pengenal objek bergerak. Jadi, jika ada sebuah mobil yang Anda pilih bergerak dari kiri ke kanan, tombol juga akan ikut bergerak.

Menemukan video terbaik

Ponsel yang memiliki fungsi pemutar video sudah banyak ditemukan di mana saja. Dengan tool Super 2007 (ww. eroightsofi.com), Anda dapat mengonversi video Flash agar dapat diputar dalam ponsel, iPod, atau PlayStation Portable. Caranya: Jalankan tool, tarik file video dengan cara Drag&Drop ke tampilan program. Lanjutkan dengan mengatur beberapa setting. Dalam “Select the output Container”, pilih format “MOV’ atau format yang didukung ponsel Anda. Klik kanan window program untuk menampilkan menu konteks. Dari menu ini, Anda dapat memilih folder tujuan melalui “Output File Saving Management”. Jika semua setting sudah Anda atur dengan baik, jalankan proses konversi melalui tombol “Encode”. Copy hasilnya dengan iTunes atau software khusus lainnya ke multimedia player portable yang Anda miliki.