Cara Mudah Membuat Kalendar Sendiri Menggunakan Simply Calendars

Bosan dengan tampilan kalendar yang begitu-begitu saja? Melalui tool Simply Calendars ciptakan desain kalendar sendiri yang benar-benar berbeda dengan koleksi foto-foto pribadi Anda.

Pada dasarnya, kalender termasuk 12 tabel yang masing-masing berdiri untuk bulan tertentu, dari Januari sampai Desember. Kalender, baik digital maupun cetak, tak tergantikan saat Anda perlu mengatur acara, mengatur pertemuan, merencanakan liburan, dsb. Kalender menunjukkan nama bulan, hari setiap bulan (mis., 1 Januari sampai 31 Januari), hari dalam seminggu (Senin sampai Minggu), dan, kadang kala, angka Kardinal dalam beberapa minggu.

Saat ini, kalender cetak perlahan-lahan tenggelam dalam pelupaan karena semakin banyak orang yang beralih ke kalender digital di smartphone mereka. Namun, dengan kalender digital, ada risiko lupa untuk membuka aplikasi dan memeriksa pengaturan Anda. Pada saat yang sama, sebuah kalender kertas (baik di dinding kantor Anda atau di atas meja) adalah cepat untuk menangkap mata Anda, mengingatkan Anda tentang rencana dan pertemuan Anda.

Mendesign Kalender

    1. Menentukan Model

Setelah Anda meng-install Simply Calenders di dalam PC, buka tools ini melalui menu “Start | All Programs | Simply Calenders”. Saat aktif, tools akan langsung menampilkan wizard. Sebagai langkah awal, tentukan model kalendar dari bagian “Calendar Style”. Pilih style yang menurut Anda paling menarik.

    1. Schemes

Jika Anda sudah menentukan style kalendar, klik “Next”. Di bagian ini, Anda bisa menentukan “scheme” untuk tampilan setiap detail kalendar. Pilih salah satu schemes yang disediakan. Dalam workshop ini, CHIP menggunakan “Schemes” default. Jika sudah, klik “Next”.

    1. Hari-Hari Besar

Di bagian “National Event” dan “Religious Event”, Anda bisa mengintegrasikan hari-hari besar untuk kalendar Anda. Cukup berikan tanda centang pada “Islamic Event” untuk menampilkan hari-hari besar umat muslim pada kalendar Anda. Lakukan juga hal yang sama untuk hari-hari besar lainnya.

    1. Gambar

Pada bagian “Pictures”, Anda dapat memasukkan gambar-gambar unik untuk tampilan kalendar. Klik di bagian “Location of Image File” untuk masing-masing bulan. Pilih gambar/fbto menarik dari hard disk Anda, lalu klik “OK”. Lakukan hal ini mulai dari bulan Januari hingga Desember.

    1. Day Label

Pada bagian “Day Label”, Anda bisa memasukkan sendiri hari-hari penting menurut versi Anda. Tools ini menyediakan kolom-kolom kosong untuk setiap tanggal di setiap bulan. Anda cukup mengklik ganda tanggalnya, lalu mengetikkan teks untuk event yang akan berlangsung di hari tersebut.

    1. Option Pilihan

Di bagian “Other Options”, tentukan hari Minggu atau Senin untuk tampil diurutan awal. Jika pilihan Anda adalah hari Minggu, aktifkan option “Sunday Start to Week” di bagian “Weekend Options”. Aktifkan “Moon Phase” untuk mengetahui kapan berlangsungnya bulan purnama.

    1. Preview

Setelah mengklik “Done”, tools akan langsung menampilkan hasil desain. Anda bisa memeriksanya satu per satu mulai dari bulan Januari sampai Desember. Jika kurang puas dengan tampilan gambar, meski dalam bagian Preview, Anda bisa mengganti gambar yang tertera dalam kalendar.

    1. Print

Apabila hasil kalendar sudah memenuhi keinginan Anda, Anda bisa menyimpan atau mencetaknya melalui printer warna. Klik menu “File | Print” lalu lakukan setting untuk jenis kertas dan pewarnaan. Jika sudah, klik “OK” dan masukkan kertas kosong ke dalam printer.

Tinggalkan Komentar