Tips Yang Harus di Perhatikan Sebelum Anda Membeli Komputer Idaman

Jika mundur beberapa tahun kebelakang, membeli sebuah prosesor yang tepat untuk PC Anda bukanlah suatu hal yang rumit. Selain belum banyaknya varian yang tersedia, saat itu untuk membeli prosesor yang berkualitas cukup melihat dock speed-nya saja. Namun,

seiring dengan perkembangan teknologi yang kian maju, berpatokan pada kecepatan prosesor saja tidaklah cukup. Belum tentu prosesor yang memiliki dock speed tinggi bisa bekerja lebih cepat daripada prosesor dengan dock speed dibawahnya. Berikut sedikit tips dari ARA KOMPUTER yang bisa Anda jadikan panduan sebelum membeli prosesor.

Komputer Idaman

Clock Speed Dan Arsitektur

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah prosesor adalah tentukan dahulu kebutuhan Anda, apakah hanya untuk urusan kantoran atau aktivitas yang ekstrim seperti bermain game 3D HD. Sekali lagi, ingat! Clock speed tidak menentukan performa komputer secara keseluruhan, karena ada elemen lainnya yang juga turut mempengaruhi, yakni jumlah core atau inti pemrosesan di dalamnya. Dewasa ini, prosesor yang dibekali dengan inti multi untuk pemula atau entry level sudah banyak tersedia, dan harga yang dipatok pun cukup bersahabat dengan kantong. Prosesor dengan jumlah inti yang banyak tentunya sangat dibutuhkan oleh Anda para profesional, seperti designer dan codinger. Semakin banyak jumlah ini sebuah prosesor tentunya akan semakin bagus, karena semua proses yang terjadi bisa di jalankan dengan baik.

Selain itu, perhatikan juga arsitektur yang dibawa oleh prosesor incaran Anda, apakah 32bit atau 64bit. Kelebihan dari prosesor 64-bit akan terasa saat digunakan untuk aplikasi-aplikasi, seperti CAD, video encoding, pemodelan 3D, penghitungan yang membutuhkan ketelitian angka, pencarian data pada sebuah database dengan ukuran yang besar, atau tugas-tugas lain yang memerlukan untuk menampung data dalam jumlah besar ke memori. *

Kenali Produsen dan FSB

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli sebuah prosesor tentunya adalah prudsennya. Untungnya nih, saat ini hanya tinggal dua produsen prosesor saja untuk PC, yakni Intel dan AMD. Anda dapat memilih salah satu di antara dua produsen tersebut. Baik intel maupun AMD memiliki jenis prosesor untuk semua level, mulai dari pemula hingga yang paling tinggi. Prosesor yang diproduksi Intel dan AMD juga terbagi dalam berbagai versi sesuai dengan pengguna komputer yang berbeda-beda. Jadi, sekali lagi, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Selain produsen, perhatikan juga soal Front Side Bus (FSB) yang diusung oleh prosesor incaran Anda. FSB sendiri merrupakan kecepatan frekuensi prosesor berkomunikasi dengan pengontrol memori. Semakin cepat FSB, maka semakin cepat pula kinerja prosesor dalam hal akses RAM. Namun ini hanya berlaku pada prosesor Intel dimana pengontrol memori ada di dalam motherboard. Sedangkan pada prosesor AMD, pengontrol memori terletak di prosesor itu sendiri, sehingga prosesor lebih mudah mengaksesnya.

Soket dan Motherboard

Anda harus tahu socket apa yang dimiliki oleh motherboard anda. Jika anda belum memiliki motherboard, mengenali socket juga penting untuk menentukan motherboard apa yang sesuai dengan prosesor anda nantinya. Setiap prosesor dan mainboard memiliki soket dan soket place yang bebeda-beda menyesuaikan dengan arsitekur perosesor. Sekarang jamannya soket seri seribu, dan harganya pun cukup terjangkau.

Cache dan Grafis

Cache adalah buffer atau penampung sementara data yang dipertukarkan antara RAM dan CPU. Hal ini membantu proses internal bekerja lebih cepat. Tambahan memori cache internal Level 2 atau biasa disebut L2 Cache sangat membantu menyediakan akses yang cepat sehingga memperkecil waktu pemrosesan. Seringkah juga ada prosesor yang dilengkapi dengan memori cache level 3 atau L3 cache. Baik jumlah maupun besaran memori sebanding dengan peningkatan performa pemrosesan prosesor. Terakhir, banyak prosesor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fungsi grafis secara built-in. Prosesor dengan teknologi grafis ternama ini dapat menaikkan performa grafis dan juga kualitas video yang dimainkan hingga kualitas HD. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Komentar